Rabu, 22 September 2010

HTML

KEPANJANGAN DARI HTML

HTML = Hyper Text Markup Language
Yaitu bahasa yang biasanya digunakan sebuah halaman website. Kode-kode bahasa ini nantinya diterjemahkan oleh Browser, sehingga tampil seperti halaman yang sedang anda lihat saat ini. Browser sendiri bisa macam-macam, contohnya : Mozilla, Internet Explorer, Opera, Netscape Navigator dll.

KEGUNAAN HTML

HTML adalah suatu bahasa yang menggunakan tanda-tanda tertentu (tag) untuk menyatakan kode-kode yang harus ditafsirkan oleh browser agar halaman tersebut dapat ditampilkan secara benar.
secara umum, fungsi HTML adalah untuk mengelola serangkaian data dan informasi sehingga suatu dokumen dapat diakses dan ditampilkan di Internet melalui layanan web.
Fungsi HTML yang lebih spesifik yaitu :

a. Membuat halaman web.
b. Menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah browser Internet.
c. Membuat link menuju halaman web lain dengan kode tertentu (hypertext).

FUNGSI TAG PADA HTML
Perintah-perintah dalam HTML biasa di sebut dengan TAG. TAG ini kebanyakan mempunyai pasangan, yakni TAG pembuka dan penutup. Misal ..., ... dan lain sebagainya, dan TAG yang mempunyai pasangan ini juga bersifat Override yakni dapat menimpa fungsi TAG sebelumnya. Contoh : sebuah teks yang sudah di buat miring oleh tag ... , dapat di timpa oleh tag ... sehingga akan melahirkan dua hasil perintah yang berbeda sekaligus yakni kombinasi hurup miring dan hurup tebal.

4 JENIS PERATAAN (ALIGN) PADA HTML

Dalam tulisan cetak, dikenal tiga atau empat macam perataan yaitu rata kiri (align left), di tengah (center), rata kanan (align right) dan rata kiri dan kanan (justify). Tag Header dan Tag Paragraf dapat disisipi dengan atribut align untuk melakukan perataan ini.

FUNGSI PAGE HEADER DAN TITLE PADA HTML
• DOCTYPE - ini memberikan penjelasan tentang jenis dokumen HTML ini.
• meta name = "Deskripsi" - ini memberikan deskripsi halaman untuk mesin pencari.
• meta name = "kata kunci" - garis ini menetapkan mesin pencari kata kunci yang dapat digunakan untuk menemukan halaman Anda.
• judul - Tetapkan nama dokumen Anda untuk browser Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar